Typeface dan Font, Beda atau Sama?



Typeface dan Font, Beda atau Sama?

Typeface dan Font, Beda atau Sama?

Typeface dan Font, Beda atau Sama? - Selain warna, tipografi (seni percetakan, tata huruf) juga merupakan unsur penting dalam dunia desain. Bagus tidaknya sebuah desain bahkan sudah dapat dinilai dari segi tipografinya saja. Dalam tipografi sendiri ada dua istilah yang tak jarang saling dipertukarkan dengan mudahnya karena dianggap sama saja. Dua istilah tadi adalah typeface (rupa huruf) dan font.

Jadi, di mana dan bagaimana perbedaannya? Typeface adalah satu set atau lebih font, yang masing-masing memiliki fitur desain umum yang karakteristiknya sama. Contohnya: Serif adalah typeface yang ujungnya memiliki garis berbentuk lancip atau biasa disebut counterstroke yang bisa menciptakan kesan tegas. Serif ini biasanya digunakan pada teks-teks panjang karena memberikan efek mudah dan enak dibaca. Itulah karakteristik Serif yang membedakan dengan typeface lainnya.

Font adalah suatu kumpulan huruf, angka, atau simbol yang memiliki karakter tertentu. Font merupakan bagian dari typeface. Contohnya adalah typeface Serif yang terdiri dari banyak font. Beberapa di antaranya adalah Times New Roman, Courier, New Century Schoolbook, dan Palatino. Secara umum, font-font tadi masih memiliki karakteristik yang sama, hanya lebih bervariasi pada style dan ukuran.

Mudahnya, typeface adalah keluarga font yang terdiri dari beberapa atau banyak font. Atau lebih mudahnya lagi, kita bisa menganalogikannya dengan album dan lagu. Typeface adalah albumnya, sedangkan font adalah lagu-lagu yang ada di dalamnya.

With ERP We Are Empowering You!